SOTO BOK IJO – LEGENDA KULINER KEDIRI


soto-bok-ijoSoto Bok Ijo buat warga Kediri dan sekitarnya pasti mengenalnya, karena memang makanan yang satu ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu pilihan kuliner di Kediri. Kuliner ini juga sudah melegenda, konon soto bok ijo ini sudah ada sejak tahun 1969, soto bok ijo atau juga sering disebut Soto Ayam Tamanan. Dikenal dengan sebutan Soto Bok Ijo karena lokasi berjualannya di sekitar Bok Ijo (Jembatan Hijau). Kini lokasinya sudah berubah menjadi pertigaan di samping Terminal Tamanan Kediri. Dan para penjual soto di Bok Ijo dipindahkan di samping terminal, hingga saat ini bisa ditemui berjejer warung-warung soto di samping terminal.
Soto Bok Ijo sendiri sebenarnya merupakan soto ayam biasa, atau bisa disebut soto Kediri. Karena soto ini memakai kuah yang bersantan, soto ini rasanya memang enak, namun porsinya sedikit sih, satu mangkok pasti kurang, cara penyajiannya memakai mangkok standart, tapi porsinya sedikit, irisan ayamnya juga gak banyak. Dalam penyajiaannya pelengkap soto antara lain adalah kol, kecambah, cabe rawit, jeruk nipis dan tentunya kecap disajikan secara terpisah. Jadi pembeli meracik soto sendiri sesuai selera.
Yang istimewa dan menjadi favorit adalah ayam bakar bumbu kecapnya, pembeli bisa memilih ayam bagian mana yang diinginkan, dan dibakar saat itu juga, jadi pembeli bisa menyantapnya panas-panas. Bumbu kecapnya benar-benar meresap, karena ayam yang dibakar memang telah dipotong-potong terlebih dahulu dan disusun pada tusuk besi, baru kemudian dibakar dan disajikan di dalam mangkok. Harganya bervariasi tergantung bagian mana yang kita pilih, ayam bakar ini dinikmati dengan soto, terasa sangat cocok sekali, dinikmati langsung tanpa sotopun juga enak.

———————————————————————————————134N70 nulis DW

 

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kabupaten, Kediri, Lokasi, Wisata, Wisata Kuliner dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke SOTO BOK IJO – LEGENDA KULINER KEDIRI

  1. slamet riyadi berkata:

    Kalau ke Kediri … mo cari ah … penasaran kalo memang enak sotonya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s